Tanamkan Nasionalisme, 1.000 Siswa PAUD Diajak Keliling Museum


Tanamkan Nasionalisme, 1.000 Siswa PAUD Diajak Keliling MuseumFoto: Dok. Kemendikbud
Peringati 74 tahun Indonesia merdeka, sebanyak 1.000 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti kegiatan 'PAUD Goes to Museum' dari Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan. Hal tersebut dilakukan untuk menanamkan semangat kebangsaan dan cinta Tanah Air.

"Salah satu upaya untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada generasi hebat anak Indonesia dapat dilakukan dengan mengunjungi meseum nasional ini," ujar Direktur Pembinaan PAUD Muhammad Hasbi dalam keterangannya, Kamis (15/8/2019).

Hasbi menilai museum nasional merupakan salah satu wahana edukasi kebudayaan dan sejarah yang dapat menjadi pilihan para guru dan orangtua, sehingga sangat bermanfaat dalam bagi penanaman karakter, budi pekerti dan semangat cinta tanah air.

"Dengan melakukan kunjungan ke museum sejak usia dini mereka diperkenalkan keindahan tanah airnya, beragam suku, bangsa, bahasa, kebudayaan serta hasil-hasil budaya yang ada di negeri ini," terangnya.

"Karena, anak-anak merupakan generasi penerus bangsa sehingga mereka perlu dibekali dengan pemahaman akan nilai-nilai sejarah Indonesia sejak usia dini," imbuhnya.

Diketahui, sebanyak 1.000 siswa PAUD tersebut tersebar dari Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) mereka didampingi oleh 200 orang guru PAUD, puluhan relawan Sahabat Museum, dan sejumlah staf Direktorat Bin-PAUD dan Museum Nasional.

Tidak hanya sekadar berkunjung dan mendengarkan cerita dari para pemandu dan relawan sahabat museum, para siswa PAUD juga mengikuti sejumlah kegiatan permainan dan atraksi kerjasama antara Direketorat Bin-PAUD dan Museum Nasional.

Mereka diajak menelusuri benda-benda etnografi dan diperkenalkannya betapa luas dan beragam suku bangsa di Indonesia. Setelah itu, kegiatan interaktif pun turut diikuti peserta PAUD ini seperti merangkai manik-manik, membuat souvenir dari tanah liat hingga mewarnai gambar. Hasil karya para siswa PAUD tersebut dapat dibawa pulang dan menjadi souvenir kenang-kenangan seumur hidup.
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-4666760/tanamkan-nasionalisme-1000-siswa-paud-diajak-keliling-museum
Share:

Arsip Blog

Recent Posts